YES,I AM

YES,I AM

Rabu, 26 Maret 2014

LAPORAN AKHIR KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI

LAPORAN AKHIR

MATA PRAKTIKUM    : KTI
KELAS                             : 1IA19
PRAKTIKUM KE          : 1
TANGGAL                       :  17 Maret 2014
MATERI                           :
NPM                                  : 58413969
NAMA                               : Tri Wahono
                       
KETUA ASISTEN          : -
NAMA ASISTEN            : -
PARAF ASISTEN          : -


LABORATORIUM  INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014





      Pada tanggal 17 maret, saya belajar tentang mail  merge. Kemudian membuat mail merge dengan excel yang mana terdiri dari 5 record.

 Langkah pertama yaitu masuk ke ms.word dan ketik seperti berikut;
Add caption
Jika sudah maka masuk ke ms.excel dan ketik seperti berikut;

Add caption

Kemudian save di foldervyang mudah dicari. Dan kemudian masuk ke ms.word lagi.  Pada ms.word pilih menu Mailing  kemudian pilih Start Mail Merge. Setelah itu pilih Step by step Mail Merge Wizard.  Jika sudah di klik maka akan muncul di bagian kanan layar sebagai berikut ;

Add caption

Pada step1 pilih Letters kemudian Next.
Add caption
Pada Select Starting document pilih Start from existing document ,itu karena kita akan menggunakan data yang terdapat pada ms.excel. Kemudian Next maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut ;

Dan kemudian klik ok. Setelah itu pilih folder excel yang berisi data untuk di ms.word tadi.
Pada step 3 di bagian Select recipients pilih Use an existing list .
Add caption


Kemudian cari document ms.excel yang disipan. Setelah di klik akan muncul select table dan klik ok.

Add caption

 Kemudian akan muncul mail merge recipients kemudian di cek list semua. Lalu klik ok
Add caption

Jika sudah, lalu pilih menu mailings pilih Insert Merge Field. Letakkan kurso pada Nama : kemudian klik Insert Merge Field pilih Nama sesuai dengan data yang akan diisi. Segitu seterusnya , hingga semua data terisi. Maka  akan menjadi seperti  berikut;

Add caption
Setelah itu pada Menu Mailings pilih Preview Result. Dan kemudian klik tanda panah samping kanan – kiri untuk mengganti  recipients.

Add caption

Maka pada datanya akan menjadi sebagai berikut;

Add caption
Selanjutnya klik next untuk melanjutkan jika ingin di cetak maka pada step ke 6 pilih print.


Dengan menggunakan mail merge kita dimudahkan untuk membuat surat sehingga menghemat waktu dan tenaga. Selain itu dengan jumlah yang besar. Ini merupakan aplikasi dari ms.office.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar