LAPORAN
AKHIR
MATA PRAKTIKUM :
KTI
KELAS : 1IA19
PRAKTIKUM KE : 1
TANGGAL : 17 Maret 2014
MATERI :
NPM : 58413969
NAMA : Tri Wahono
KELAS : 1IA19
PRAKTIKUM KE : 1
TANGGAL : 17 Maret 2014
MATERI :
NPM : 58413969
NAMA : Tri Wahono
KETUA ASISTEN : -
NAMA ASISTEN : -
PARAF ASISTEN : -
LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
Pada tanggal 17 maret, saya belajar
tentang mail merge. Kemudian membuat
mail merge dengan excel yang mana terdiri dari 5 record.
Langkah pertama yaitu masuk ke ms.word dan
ketik seperti berikut;
Add caption |
Jika sudah maka
masuk ke ms.excel dan ketik seperti berikut;
Add caption |
Kemudian save di
foldervyang mudah dicari. Dan kemudian masuk ke ms.word lagi. Pada ms.word pilih menu Mailing kemudian pilih Start
Mail Merge. Setelah itu pilih Step by step Mail Merge Wizard. Jika sudah di klik maka akan muncul di bagian
kanan layar sebagai berikut ;
Add caption |
Pada step1 pilih
Letters
kemudian Next.
Add caption |
Pada Select
Starting document pilih Start from existing document ,itu
karena kita akan menggunakan data yang terdapat pada ms.excel. Kemudian Next
maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut ;
Dan kemudian
klik ok. Setelah itu pilih folder excel yang berisi data untuk di ms.word tadi.
Pada step 3 di
bagian Select recipients pilih Use an existing list .
Add caption |
Kemudian cari
document ms.excel yang disipan. Setelah di klik akan muncul select
table dan klik ok.
Add caption |
Kemudian akan muncul mail merge recipients
kemudian di cek list semua. Lalu klik ok
Add caption |
Jika sudah, lalu
pilih menu mailings pilih Insert Merge Field. Letakkan kurso
pada Nama : kemudian klik Insert Merge Field pilih Nama sesuai
dengan data yang akan diisi. Segitu seterusnya , hingga semua data terisi. Maka
akan menjadi seperti berikut;
Add caption |
Setelah itu pada
Menu Mailings pilih Preview Result. Dan kemudian klik tanda panah samping kanan
– kiri untuk mengganti recipients.
Add caption |
Maka pada
datanya akan menjadi sebagai berikut;
Add caption |
Selanjutnya klik
next untuk melanjutkan jika ingin di cetak maka pada step ke 6 pilih print.
Dengan
menggunakan mail merge kita dimudahkan untuk membuat surat sehingga menghemat
waktu dan tenaga. Selain itu dengan jumlah yang besar. Ini merupakan aplikasi
dari ms.office.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar