YES,I AM

YES,I AM

Jumat, 03 Januari 2014

PELAPISAN SOSIAL


Pengertian Pelapisan Sosial

Kata stratification berasal dari kata stratum, jamaknya strata yang berarti lapisan. Menurut Pitirim A. Sorokin, pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau hierarkis. Hal tersebut dapat kita ketahui adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah dalam masyarakat.

Menurut P.J. Bouman, pelapisan sosial adalah golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu.Oleh karena itu, mereka menuntut gengsi kemasyarakatan. Hal tersebut dapat dilihat dalam kehidupan anggota masyarakatyang berada di kelas tinggi. Seseorang yang berada di kelas tinggi mempunyai hak-hak istimewa dibanding yang berada di kelas rendah. Pelapisan sosial merupakan gejala yang bersifat universal.

PELAPISAN SOSIAL DI LINGKUNGAN RT  SAYA

Pada dasarnya pelapisan juga bisa terjadi di lingkungan keluarga tanpa kita sadari. Pelapisan sosial di RT saya ,kebetulan saya tingal di perumahan yang mana Kknya kurang lebih 50. Dimana pada tingkat stratifikasi sosial termasuk uppclass. Sehingga sifat individualismenya lebih tinggi. Sehingga memungkinkan terjadi pelapisan sosial.

Berikut beberapa dampak pengaruh pelapisan sosial di beberapa aspek kehidupan di RT saya;

A.Dilihat dari Segi Ekonomi

            Dari segi ekonomi pada RT saya memang seluruh warganya berkecukupan. Sehinggga terjadinya pelapisan sosial juga meningkat namun semua itu tergantung pada diri masing-masing. Di RT saya ada yang membeda-bedakan antara satu dengan yang lain ada pula yang tidak. Namun dilihat dari segi ekonomi pelapisan sosial sangat nampak, dari cara pakaian, harta yang dimilikinya dan lain-lain dan kemudian mempengaruhi sikap seperti tidak adnya kepedulian antar sesama.

B.Dilihat dari Segi Pendidikan         

            Di RT saya semua warganya memang berpendidikan yang tinggi. Sehingga untuk masalah pelapisan sosial juga bisa terjadi karena saling mencari keunggulan/bersaing. Di RT saya ada juga yang tidak seperti itu namun, kebanyakan saling membandingkan atau membedakan antara satu dengan yang lain. Contohnya ; membedakan antara yang sekolah dengan yang tidak sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku. Namun di RT saya tidak terjadi hal seperti di contoh tadi karena sifat yang individualis tadi.

C.Dilihat dari Segi Kepandaian

            Pada segi kepandaian, di RT saya pelapisan sosial tidak begitu nampak. Karena kebanyakan di RT saya yang individualisme tadi. Tidak seperti di daerah kampung yang masih sering mengunggul-unggulkan kepandaian anaknya ke orang lain. Sehingga timbul sikap yang kurang baik antar sesama.

Dan begitulah pelapisan sosial di daerah saya. mungkin setiap daerah terjadi hal tersebut dan itupun tergantung dari diri pribadi.

  

Sumber : http://raullycious.wordpress.com/2011/11/22/pengertian-pelapisan-sosial-dan-aspek-aspek-positif-dan-negatif-dari-sistem-pelapisan-sosial/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar