YES,I AM

YES,I AM

Rabu, 20 November 2013

KONFLIK BATIN



                                     KONFLIK BATIN, SEBAB DAN CARA MENGATASINYA


       Konflik batin, mungkin bagi kita kata itu sudah tidak asing lagi, bahkan setiap manusia mengalaminya. Konflik batin terjadi bisa karena banyak faktor-faktor memicu. Foktor – faktor itu jika terjadi konflik batin dengan diri sendiri biasanya kita melakukan kesalahan atau berbuat dosa, penyesalan dan lain-lain. Namun jika konflik terjadi dengan orang lain biasanya karena perbedaan pendapat, egoisme yang tinggi dan lain-lain. Dan setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasinya. Tak mudah untuk menyelesaikan masalah karena harus ada kekompakkan antara dua belah pihak atau lebih yang mengalami konflik tersebut.
Konflik batin bisa dengan diri sendiri atau orang lain. Nah,,, saya juga pernah mengalami hal tersebut kebanyakan dengan saudara laki-laki saya alias adik. Banyak hal yang memicu saya dan saudara saya mengalami konflik tersebut, dari hal sekecilpun. Kebanyakkan konflik batin yang terjadi antara saya dengan adik karena beda pendapat, beda keinginan dan lain-lain. Mungkin karena antara saya dan adik mementingkan ego. Namun sebenarnya itu wajar asal tidak keluar batas, maksudnya sampai terjadi pertumpahan darah. Karena jika itu terjadi mungkin menambah masalah bukan menyelesaikan maslah. Bahkan setiap keluarga didunia pasti mengalami konflik batin. Dan tidak mungkin setiap orang tidak mengalami hal tersebut, karena dengan adanya konflik membuat saya dan adik menjadi lebih dewasa untuk mengatasi suatu masalah bahkan semua orang.

Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Dan jalan keluar itu hanya kita yang bisa menanganinya karena kita mengalami konflik tersebut. Sebenarnya ada banyak cara untuk menyelesaikan konflik batin antara saya dan adik saya. Namun yang sering saya lakukan yaitu berdiam diri sejenak dan kemudian meminta maaf. Sebagai kakak sebenarnya saya harus mengalah dengan adik mungkin karena gengsi atau mementingkan ego sehingga konflik itu bisa terjadi. Wajar, karena manusia tidak sempurna dan nafsu yang besar.Setidaknya ada manfaat dari adanya konflik batin ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar