YES,I AM

YES,I AM

Kamis, 27 Oktober 2016

Pengantar Bisnis informatika

Mata kuliah Pengantar Bisnis informatika
58413969/Tri Wahono/4ia23
Tanggung  Jawab Sosial
Dosen Rina Noviana
Tugas ke  2

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Konsumen

Berkembangnya jaman didimbangin dengan berkembangnya pola pikir masyarakat yang maju. Salah satu contohnya yaitu kesadaran akan masyarakat yang menginginkan suatu perusahaan untuk melakukan hubungan harnonis. Sehingga dalam interaksi tersebut saling diuntungkan. Dalam pengertian yang luas bias diartikan sebagai CSR (Corporate Social Responsibility).
Program yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam kaitannya dengan tanggung  jawab sosial di Indonesia dapat digolongkan dalam tiga bentuk, yaitu:

a. Public Relations
Usaha untuk menanamkan persepsi positif kepada komunitas tentang kegiatan
yang dilakukan oleh perusahaan.

b. Strategi defensif
Usaha yang dilakukan perusahaan guna menangkis anggapan negatif komunitas
yang sudah tertanam terhadap kegiatan perusahaan, dan biasanya untuk
melawan ‘serangan’ negatif dari anggapan komunitas. Usaha CSR yang dilakukan
adalah untuk merubah anggapan yang berkembang sebelumnya dengan
menggantinya dengan yang baru yang bersifat positif.

c. Kegiatan yang berasal dari visi perusahaan
Melakukan program untuk kebutuhan komunitas sekitar perusahaan atau
kegiatan perusahaan yang berbeda dari hasil dari perusahaan itu sendiri.


Ada empat manfaat yang diperoleh bagi perusahaan dengan mengimplementasikan CSR yaitu ;

Pertama , keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan  berkelanjutan dan perusahaan mendapatkan citra ( image ) yang positif dari masyarakat  luas.

Kedua , perusahaan lebih mudah memperoleh akses terhadap kapital (modal).

Ketiga , perusahaan dapat mempertahankan sumber daya manusia ( human resources ) yang erkualitas.

Keempat , perusahaan dapat meningkatkan pengambilan keputusan pada hal-hal yang kritis ( c r i t i c a l d e c i s i o n m a k i n g ) dan mempermudah pengelolaan manajemen risiko ( risk management ).

Dengan melakukan tanggung jawab semacam itu antara kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Dan diharapkan untuk semua perusahaan di  Indonesia mampu melaksanakan CSR tersebut dengan baik.

Sumber :

MA Daniri - Diakses tanggal, 2008 - ati.staff.gunadarma.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar