YES,I AM

YES,I AM

Jumat, 13 Mei 2016

#PET GAME

Dunia hiburan merupakan salah satu kebutuhan setiap umat manusia. Banyak macam - macam hiburan yang dinikmati dan juga jenisnya. Setiap Manusia mempunyai kecenderungan minat yang berbeda untuk menhibur diri. Salah satu jenis yang diminati pada zaman teknologi sekarang ini adalah game.  Pada bagian ini penjelasan tentang dampak dan algoritma game ;

1.      Efek Fisik dalam Teknologi Game
      Bayak artikel yang membahas masalah ini, namun pada bagian ini hanya menjelaskan point-point yang sering terjadi.

a)       Kelelahan mata
Bermain game hingga lupa waktu itu hal yang salah. Karena, mata butuh istirahat. Jika diforsir terus-terusan maka akan terjadi masalah dalam sistem penglihatan. Banyak gamers melupakan pentingnya hal ini karena asiknya main game. Keseringan menatap layar monitor membuat mata lelah bahakn bisa terjadi rabun pada mata. Untuk itu, baiknya membuat penjadwalan untuk aktivitas sehari – hari salah satunya bermain game.


b)       Kelainan tulang belakang
Posisi duduk yang salah membuat pertumbuhan tulang juga salah. Para pemain game seharusnya memperhatikan posisi duduk yang benar Karena bermain game ini akan banyak melakukan duduk. Atur posisi yang pas sehingga tidak menimbulkan kelainan tulang.


c)      Carpal tunnel sindrom
Iritasi pada saraf median dengan cara ini menyebabkan kesemutan dan mati rasa di jempol, indeks, dan jari tengah, sebuah kondisi yang dikenal dengan Carpal tunner sindrom. Penyakit ini terjadi karena kesalahan dalam pengunaan keyboard atau mouse. Jika saat bermain game usahakan posisi tangan sesuai dengan aturan. Sehingga tidak terjadi kelainan tersebut.


            

2.      Collision Detection.

Collision detection adalah sebuah proses pendeteksian tabrakan antar objek sehingga objek bisa  bereaksi dan tidak hanya saling menembus seperti makhluk gaib.



3.      User Interface pada game computer.
       
     User interfece merupakan tampilan pada layar monitor ke pengguna. Dalam game computer sebuah user interface harus di design dengan menarik karena mempengaruhi minat pengguna. Dalam game user interface ini berbeda dengan yang lain karena didalam game tersebut terdapat karakter yang menceritakan suatu kejadian.
a.       Diegetic
     Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed
b.       Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4 Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik.
c.        Spatial
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah contoh di mana unsur-unsur spatial.
d.      Non-Diagetic
Antarmuka yang diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD).

4. Algoritma dalam Game 

MINIMAX, Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan, memperhatikan apa yg akan terjadi, kemudian yang digunakan untuk memilih langkah berikutnya.





ALPHA-BETA PRUNING, Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.




FUZZY, Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1) atau false (0).


ALGORITMA GENETIKA, Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim disebut fitness.


ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang peran computer makin mendominasi kehidupan manusia. Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia.


Kenyaman dalam sebuah game sangat dibutuhkan. Karena mempengaruhi minat pengguna. Selain itu isi dalam game tidak mengacu pada konten - konten terlarang. Sehingga, tidak mempengaruhi pola pokir anak. Masih banyak lagi hal - hal  yang perlu diperhatikan dalam pebuatan dan penggunaan game. Dilain kesempatan kita akan membahasnya lagi.







Sumber :  

https://youtu.be/MjTG6YvhUxc
https://youtu.be/mI9HDFFqyIk
http://kevinherivo.blogspot.co.id/2013/01/penyakit-akibat-efek-memegang-mouse.html
http://tekno.liputan6.com/read/453922/dampak-buruk-main-game-bagi-kesehatan
http://www.cupidocreative.com/2014/01/menghindari-penyakit-kelainan-fisik-anak-karena-komputer.html
https://www.youtube.com/watch?v=tjyU55ilshQ
https://youtu.be/xinFrIcQWVg
https://bamandhityo.wordpress.com/tag/collision-detection/
http://gridcontroll.blogspot.co.id/2012/10/algoritma-yang-digunakan-untuk-membuat.html
https://sylviaalfarina.wordpress.com/2015/04/22/user-interface-pada-game-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar