YES,I AM

YES,I AM

Rabu, 30 April 2014

TANGGUNG JAWAB TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

Pengertian tanggung jawab


Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menaggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.

Bahkan dalam kehidupan sehari-haripun kita selalu mempertanggung jawabkan apa yang kita lakukan. Selain itu tanggung jawab membantu kita dalam proses pendewasaan. Karena dari kecil sampai besarpun kita mempunyai tanggung jawab. Tanggung jawab itu penting dan sulit selain itu tanggung jawab juga menentukan kualitas diri kita dalam menghadapi suatu masalah. Dan menurut saya lari dari suatu tanggung jawab itu memalukan, yah.. walaupun tanggung jawab itu sangat sepele atau kecil. Karena menurut saya sesuatu yang besar itu berasal dari hal yang sederhana/sepele. Dan melaksakan tenggung jawab dengan baik itu juga penting bukan karena ingin mendapat simpati atau pujian dari seseorang melainkan karena mengetahui akibat jika melupakan tanggung jawab kita. Pada jaman sekarang manusia lupa bahkan dengan sadar melupakan tanggung jawabnya. Karena itu kita sebagai generasi muda setidaknya merubah sikap tersebut agar mempunyai kesadaran akan suatu tanggung jawab. Kita memang tidak bisa merubah secara besar-besaran, karena teramat sulit untuk dialkukan. Kita ubah dengan perlahan-lahan dan dari yang sederhana yaitu diri sendiri.

Dalam Al- Qur’an terdapat surat yang menjelasakan tentang tanggung jawab ;

“ Tiap-tiap manusia terikat tanggung jawab apa yang dikerjakannya.”(Qs.52:21)

TANGGUNG JAWAB KEPADA ALLAH SWT



Berikut ini saya akan menjelasakan pengertian tentang tanggung jawab kepada ALLAH SWT, mungkin bahasa saya kurang enak untuk dibaca namun setidaknya ada manfaatnya.

Pengertian

Tanggung jawab kepada ALLAH SWT yaitu menjalankan apa yang di perintahkan ALLAH SWT kepada kita. Namun terkadang kita lalai dalam melaksanakannya mungkin pembalasan yang kita dapat bukan di dunia namun di akhirat tempat tinggal kita yang sebenarnya. Menjalankan semua perintah ALLAH SWT itu wajib hukumnya karena kita adalah ciptaannya. Selain itu dengan kita menjalankan tanggung jawab kita kepada ALLAH SWT  dengan baik maka kita akan merasa bahwa nikmat yang diberikan ALLAH SWT kepada kita itu nyata dan tak terhingga serta kita akan lebih dekat dan mengenal ALLAH SWT. Jika suatu saat kita  lupa dengan tanggung jawab kita  kepada ALLA SWT ingatlah kematian. Karena dengan itu insyaallah rasa tanggung jawab kita akan selalu ada walaupun tidak maksimal.

Contoh tanggung jawab kepada ALLAH SWT

Sebagai umat islam tentu kita tahu apa saja tanggung jawab kita kepada ALLAH SWT. Salah satunya sholat tepat waktu, karena jika kita lalai dalam melaksakannya hukumannya berat. Selain itu menjalankan perintah ALLAH SWT itu bukan hanya ibadah saja namun saling menjaga, merawat dan mengasihi diri sendiri dan orang lain juga tanggung jawab kita. Dan masih banyak lagi. Menjauhi larangan juga penting karena itu menentukan seberapa patuhkah kita kepada ALLAH SWT dan seberapa kuat kita. 

sumber ;

http://ajengastika.blogspot.com/2013/01/tanggun-jawab-manusia-kepada-tuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar