A.
KONSEP
PEMBUATAN GAME
1.
SCENARIO
Dalam game terdapat
banyak jenisnya. Berbagai jenis game ditentukan juga tujuannya. Selain itu game
juga terdapat sebuah scenario yang mana menentukan arah game serta cerita
tentang game tersebut. Scenario merupakan langkah awal dalam pembuatan game.
Sehingga jelas tujuan tersebut.
Di dalam scenario in ada
beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu ;
a. Tema
: sebuah cerita dalam game pertama yang harus dilakukan adalah tema. Tema
menjadi dasar dalam pembuatan suatu judul dan alur cerita dalam game ini.
b. Judul
: dalam penamaan game atau judul juga perlu diperhatikan dalam pembuatan suatu
game.
c. Genre
: jenis game yang akan dibuat sesuai tema dan cerita dalam game tersebut.
2.
SCRYPT
Scrypt merupakan
sekumpulan aturan untuk menjalankan suatu program. Didalam scrypt terdapat
macam macam aturan sesuai dengan jenis Bahasa pemrograman. Untuk pembuatan game
sendiri. Scrypt sangat diperlukan guna lancarnya proses dalam game tersebut.
Selain itu scrypt merupakan komponen penting dalam game.
3.
STORYBOARD PADA GAME
Storyboard merupakan
sekumpulan alur cerita dalam game dalam bentuk gambar atau dalam kata lain
visualisasi. Dalam pembuatan storyboard ini alur cerita sesuai dengan jenis
game yang akan dibangun. Sehingga jelas tujuan dalam pembuatan game tersebut.
Beberapa alasan mengapa menggunakan Storyboard:
1. Storyboard harus dibuat sebelum tim membuat animasi.
2. Storyboard digunakan untuk mengingatkan animator.
3. Storyboard dibuat untuk memudahkan membaca cerita dari berbagai sumber.
B.
KONSEP
AI
1.
DESKRIPSI UMUM
Kecerdasan buatan (AI)
secara umum :
Kecerdasan Buatan dapat
didefinisikan sabagai cabang Ilmu Komputer yang mempelajari otomatisasi
tingkahlaku cerdas (Intelligent). Kecerdasan Buatan dapat memungkinkan komputer
untuk berfikir. Kecerdasan Buatan dapat menirukan proses belajar manusia
sehingga informasi baru dapat diserap dan digunakan sebagai acuan di masa yang
akan datang. Asumsi Dasar:
Perbedaan antara
Kecerdasan Buatan (Komputer) dengan
Kecerdasan Alami (Manusia)
Kecerdasan Buatan:
• Bersifat permanen
• Mudah diduplikasi dan
disebarluaskan
• Dapat lebih murah
daripada manusia cerdas
• Konsisten dan
menyeluruh
• Dapat didokumentasikan
Kecerdasan Alami:
• Bersifat kreatif
• Menggunakan pengalaman
panca indra secara langsung
• Menalar berdasarkan
pemahaman yang luas dari pengalaman
• Memiliki tingkat
ketrampilan yang luas mulai dari pemula, pemula lanjut, kompeten, profisien,
dan ahli (expert).
2.
DECISION MAKING :
Ø DECISION
TREE
Decision Tree merupakan
salah satu teori dalam pengambilan keputusan. Dimana di dalam pembagunan sebuah
aplikasi game ini sagat diperlukan. Decision tree adalah alternative dalam
pengambilan suatu masalah yang dapat di ambil dari masalah tersebut. Sehingga
dalam pembangunan suatu aplikasi game tahu hal – hal apa yang akan terjadi jika
mengambil suatu keputusan dari maslah tersebut.
Manfaat dari decision tree sendiri yaitu
a. Mudah
untuk diinterpretasikan oleh manusia.
b. Melakukan
break down proses pengambilan keputusan yang kompleks menjadi lebih simple
sehingga pengambilan keputusan jadi lebih menginterpretasikan solusi dari
permasalahan.
c. Memadukan
antara data dengan pemodelan.
Ø STATE
MACHINE
Merupakan salah satu
sistem control yang mana menggunakan tiga prinsip yaitu keadaan, kejadian dan tindakan.
Di dalam game yang berbasis AI, metode ini sangat banyak digunkan. Karena ;
1. Implementasi
mudah dan cepat.
2. Fleksibel.
3. Proses
komputasi yang minimum.
Ø RULE
SYSTEM
Rules yaitu sekumpulan
instruksi yang berfungsi sebagai struktur formal sebuah game. Di dalam sebuah rule system ada beberapa
karakteristiknya yaitu ;
a. Membatasi
pemain.
b. Jelas
dan tidak ambigu.
c. Harus
bisa menemukan interpretasi anatara pemain.
d. Konsisten.
e. Mengikat.
f. Dapat
diulangi.
Kemudian
di dalam aturan pembuatan game ada 3 jenisnya yaitu ;
1. Aturan
Operasional : menjelaskan aturan permainan.
2. Aturan
Konstituatif : mendasari aturan Operasional yang berupa logika dan perhitungan
matematis.
3. Aturan
Implisit : Aturan tidak tertulis, contohnya sportivitas.
3.
WAY POINT AND PATH FINDING
Ø WAY
POINT
Sekumpulan koordinat yang
mengidentifikasikan suatu titik di dalam peta. Waypoint berguna untuk
navigasi. Dalam sebuah game pasti sering
memunculkan item ini. salah satu contoh game yang menggunakan way point yaitu
GTA. Dimana user dapat mengetahui letak objek dengan tujuan yang akan dituju.
Selain itu memudah kan pemain untuk mencapai tempat yang ditentuakan dan untuk
mngekhiri permainan atau win.
Ø PATH
FIDING
Pada sebuah game konsep
ini banyak digunakan. Salah satunya yaitu game pacman.
Path fiding sendiri yaitu
pencaria jalan tercepat dengan
menhindari sebuah halangan. Pada area game tersebut sering terdapat sebuah
penghalang untuk memberi rintangan pada user. Pada konsep AI ini juga
digunakan, yang bekerja untuk mencari objek. AI disini berfungsi saat terdapat
sebuah halangan. Sehingga mencari cara bagaimana bisa menghindar. Ada beberapa
cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mencari jalur terpendek.
Pada game yang dapat dicontohkan yaitu downhill dimana objek dintuntut untuk
mencapai titik akhir dengan waktu dan jarak tercepat. Selain itu menghindari
berbagai halangan berupa petir dan pohon- pohon. User yang berperan dalam hal
ini, guna cepat terselesaikannya permainan tersebut.
4.
TACTILE AND STRATEGIC AI
Merupakan sebuah genre
dalam aplikasi game. Sebuah game yang bergenre strategi banyak diminati banyak
pengguna ponsel maupun pc. Dalam AI strategic banyak ditemukan. Salah satunya
menentukan bagai mana cara menghindari rintangan atau halangan pada path
fiding. Pada game yang dapat dicontohkan
yaitu COC pada mobile. Dimana user harus mencari cara menghancurkan kastil
lawan dengan tidak merugikan diri sendiri. Untuk game ini sampai sekarang masih
diminati oleh banyak kalangan.
C.
MESIN
PARKIR DAN MODUL AI
GAMBAR MESIN PARKING :
GAMBAR MESIN PARKING :
MODUL AI :
Pada
gambar mesin parking PM-03 yang mana pengendara tidak perlu memencet tombol
untuk memulainya. Karena dalam mesin tersebut sudah dipasang sensor yang
terdapat pada fitur kamera.
Beberapa
fitur tersebut antara lain ; yang pertama kamera yang ditandai dengan warna
abu-abu ke biruan, yang mana berfungsi untuk menginput gambar plat nomer
pengendara. Kemudian, dibawah kamera terdapat alat untuk menscan retina
pengendara yang ditandai dengan waran merah dan jingga. Alat ini dapat bergerak
sesuai jaraknya dengan pengendara. Sehingga pengendara tidak perlu repot –
repot untuk keluar mobil hanya untuk menscan retina mata.
Setelah
itu alat pengecek sidik jari / tangan. Yang mana ditandai dengan warna hijau.
Untuk alat ini, pengendara harus meletakkan telapak tangannya pada alat
tersebut.
Bagian
selanjuTnya yaitu sound yang berfungsi untuk memberikan instruksi kepada
pengendara untuk melakukan pengecekan ini. selain itu memberi salam kepada
pengendara. Bagian terakhir yaitu lampu led. Ada dua bagian disini yaitu warna
merah dan biru. Jika proses gagal maka pengendara tidak bisa masuk atau keluar
dari area parkir ditandai dengan menyalanya lampu led merah dan jika proses berhasil ditandai dengan menyalanya lampu led biru. Alat ini tidak menyediakan karcis, dikarenakan menjaga
kebersihan dari sampah dan mempermudah pengendara dalam berparkir. Selain itu
kemanan dari pencurian terhindari. Karena alat tersebut bisa berjalan jika tiga
inputan tersebut sesuai.
3
inputan data tersebut disimpan di dalam komputer dan akan digunakan lagi saat
pengendara ingin keluar dari area parkir juga menentukan lama waktu parkir si
pengendara tersebut. Data akan dihapus setelah pengendara keluar, sehingga
tidak membuat memori penuh.
SUMBER
:
technologies-it.blogspot.com/p/finite-state-machines.html
valentine.staff.gunadarma.ac.id/downloads/files/42382/Aturan+dan+Sistem+Game.pdf
duniadigit.blogspot,com/2013/tutorial-pencarian-rute-pathfiding.html
www.staffsite.gunadarma.ac.id
http://www.moddb.com/games/grand-theft-auto-san-andreas/images
http://cocindotrik.blogspot.co.id/2015/08/cara-jitu-supaya-gems-box-coc-cepet.html
http://sonigame.blogspot.com/2016/02/balap-sepeda-downhill-domination-iso.html
http://cocindotrik.blogspot.co.id/2015/08/cara-jitu-supaya-gems-box-coc-cepet.html
http://sonigame.blogspot.com/2016/02/balap-sepeda-downhill-domination-iso.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar