YES,I AM

YES,I AM

Minggu, 17 April 2016

#PET GAME


A.    KONSEP PEMBUATAN GAME
1.                  SCENARIO
Dalam game terdapat banyak jenisnya. Berbagai jenis game ditentukan juga tujuannya. Selain itu game juga terdapat sebuah scenario yang mana menentukan arah game serta cerita tentang game tersebut. Scenario merupakan langkah awal dalam pembuatan game. Sehingga jelas tujuan tersebut.
Di dalam scenario in ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu ;
a.       Tema : sebuah cerita dalam game pertama yang harus dilakukan adalah tema. Tema menjadi dasar dalam pembuatan suatu judul dan alur cerita dalam game ini.
b.      Judul : dalam penamaan game atau judul juga perlu diperhatikan dalam pembuatan suatu game.
c.       Genre : jenis game yang akan dibuat sesuai tema dan cerita dalam game tersebut.

2.                  SCRYPT
Scrypt merupakan sekumpulan aturan untuk menjalankan suatu program. Didalam scrypt terdapat macam macam aturan sesuai dengan jenis Bahasa pemrograman. Untuk pembuatan game sendiri. Scrypt sangat diperlukan guna lancarnya proses dalam game tersebut. Selain itu scrypt merupakan komponen penting dalam game.

3.                  STORYBOARD PADA GAME
Storyboard merupakan sekumpulan alur cerita dalam game dalam bentuk gambar atau dalam kata lain visualisasi. Dalam pembuatan storyboard ini alur cerita sesuai dengan jenis game yang akan dibangun. Sehingga jelas tujuan dalam pembuatan game tersebut.
Beberapa alasan mengapa menggunakan Storyboard:

1. Storyboard harus dibuat sebelum tim membuat animasi.

2. Storyboard digunakan untuk mengingatkan animator.

3. Storyboard dibuat untuk memudahkan membaca cerita dari berbagai sumber.
B.     KONSEP AI
1.                   DESKRIPSI UMUM           
Kecerdasan buatan (AI) secara umum :
Kecerdasan Buatan dapat didefinisikan sabagai cabang Ilmu Komputer yang mempelajari otomatisasi tingkahlaku cerdas (Intelligent). Kecerdasan Buatan dapat memungkinkan komputer untuk berfikir. Kecerdasan Buatan dapat menirukan proses belajar manusia sehingga informasi baru dapat diserap dan digunakan sebagai acuan di masa yang akan datang. Asumsi Dasar:
Perbedaan antara Kecerdasan Buatan (Komputer)  dengan Kecerdasan Alami (Manusia)
Kecerdasan Buatan:
• Bersifat permanen
• Mudah diduplikasi dan disebarluaskan
• Dapat lebih murah daripada manusia cerdas
• Konsisten dan menyeluruh
• Dapat didokumentasikan
Kecerdasan Alami:
• Bersifat kreatif
• Menggunakan pengalaman panca indra secara langsung
• Menalar berdasarkan pemahaman yang luas dari pengalaman
• Memiliki tingkat ketrampilan yang luas mulai dari pemula, pemula lanjut, kompeten, profisien, dan ahli (expert).

2.                   DECISION MAKING :
Ø  DECISION TREE
Decision Tree merupakan salah satu teori dalam pengambilan keputusan. Dimana di dalam pembagunan sebuah aplikasi game ini sagat diperlukan. Decision tree adalah alternative dalam pengambilan suatu masalah yang dapat di ambil dari masalah tersebut. Sehingga dalam pembangunan suatu aplikasi game tahu hal – hal apa yang akan terjadi jika mengambil suatu keputusan dari maslah tersebut.  Manfaat dari decision tree sendiri yaitu
a.       Mudah untuk diinterpretasikan oleh manusia.
b.      Melakukan break down proses pengambilan keputusan yang kompleks menjadi lebih simple sehingga pengambilan keputusan jadi lebih menginterpretasikan solusi dari permasalahan.
c.       Memadukan antara data dengan pemodelan.

Ø  STATE MACHINE
Merupakan salah satu sistem control yang mana menggunakan tiga prinsip yaitu keadaan, kejadian dan tindakan. Di dalam game yang berbasis AI, metode ini sangat banyak digunkan. Karena ;
1.      Implementasi mudah dan cepat.
2.      Fleksibel.
3.      Proses komputasi yang minimum.

Ø  RULE SYSTEM
Rules yaitu sekumpulan instruksi yang berfungsi sebagai struktur formal sebuah game. Di dalam sebuah rule system ada beberapa karakteristiknya yaitu ;
a.       Membatasi pemain.
b.      Jelas dan tidak ambigu.
c.       Harus bisa menemukan interpretasi anatara pemain.
d.      Konsisten.
e.       Mengikat.
f.       Dapat diulangi.

Kemudian di dalam aturan pembuatan game ada 3 jenisnya yaitu ;
1.      Aturan Operasional : menjelaskan aturan permainan.
2.  Aturan Konstituatif : mendasari aturan Operasional yang berupa logika dan perhitungan matematis.
3.      Aturan Implisit : Aturan tidak tertulis, contohnya sportivitas.



3.                  WAY POINT AND PATH FINDING
Ø  WAY POINT
Sekumpulan koordinat yang mengidentifikasikan suatu titik di dalam peta. Waypoint berguna untuk navigasi.  Dalam sebuah game pasti sering memunculkan item ini. salah satu contoh game yang menggunakan way point yaitu GTA. Dimana user dapat mengetahui letak objek dengan tujuan yang akan dituju. Selain itu memudah kan pemain untuk mencapai tempat yang ditentuakan dan untuk mngekhiri permainan atau win.

Ø  PATH FIDING
Pada sebuah game konsep ini banyak digunakan. Salah satunya yaitu game pacman.
Path fiding sendiri yaitu pencaria  jalan tercepat dengan menhindari sebuah halangan. Pada area game tersebut sering terdapat sebuah penghalang untuk memberi rintangan pada user. Pada konsep AI ini juga digunakan, yang bekerja untuk mencari objek. AI disini berfungsi saat terdapat sebuah halangan. Sehingga mencari cara bagaimana bisa menghindar. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mencari jalur terpendek. Pada game yang dapat dicontohkan yaitu downhill dimana objek dintuntut untuk mencapai titik akhir dengan waktu dan jarak tercepat. Selain itu menghindari berbagai halangan berupa petir dan pohon- pohon. User yang berperan dalam hal ini, guna cepat terselesaikannya permainan tersebut.





4.                  TACTILE AND STRATEGIC AI
Merupakan sebuah genre dalam aplikasi game. Sebuah game yang bergenre strategi banyak diminati banyak pengguna ponsel maupun pc. Dalam AI strategic banyak ditemukan. Salah satunya menentukan bagai mana cara menghindari rintangan atau halangan pada path fiding.  Pada game yang dapat dicontohkan yaitu COC pada mobile. Dimana user harus mencari cara menghancurkan kastil lawan dengan tidak merugikan diri sendiri. Untuk game ini sampai sekarang masih diminati oleh banyak kalangan.




C.    MESIN PARKIR DAN MODUL AI

     GAMBAR MESIN PARKING :



MODUL AI :

Pada gambar mesin parking PM-03 yang mana pengendara tidak perlu memencet tombol untuk memulainya. Karena dalam mesin tersebut sudah dipasang sensor yang terdapat pada fitur kamera.
Beberapa fitur tersebut antara lain ; yang pertama kamera yang ditandai dengan warna abu-abu ke biruan, yang mana berfungsi untuk menginput gambar plat nomer pengendara. Kemudian, dibawah kamera terdapat alat untuk menscan retina pengendara yang ditandai dengan waran merah dan jingga. Alat ini dapat bergerak sesuai jaraknya dengan pengendara. Sehingga pengendara tidak perlu repot – repot untuk keluar mobil hanya untuk menscan retina mata.
Setelah itu alat pengecek sidik jari / tangan. Yang mana ditandai dengan warna hijau. Untuk alat ini, pengendara harus meletakkan telapak tangannya pada alat tersebut.
Bagian selanjuTnya yaitu sound yang berfungsi untuk memberikan instruksi kepada pengendara untuk melakukan pengecekan ini. selain itu memberi salam kepada pengendara. Bagian terakhir yaitu lampu led. Ada dua bagian disini yaitu warna merah dan biru. Jika proses gagal maka pengendara tidak bisa masuk atau keluar dari area parkir ditandai dengan menyalanya lampu led merah dan jika proses berhasil ditandai dengan menyalanya lampu led biru. Alat ini tidak menyediakan karcis, dikarenakan menjaga kebersihan dari sampah dan mempermudah pengendara dalam berparkir. Selain itu kemanan dari pencurian terhindari. Karena alat tersebut bisa berjalan jika tiga inputan tersebut sesuai.
3 inputan data tersebut disimpan di dalam komputer dan akan digunakan lagi saat pengendara ingin keluar dari area parkir juga menentukan lama waktu parkir si pengendara tersebut. Data akan dihapus setelah pengendara keluar, sehingga tidak membuat memori penuh.





SUMBER :
technologies-it.blogspot.com/p/finite-state-machines.html
valentine.staff.gunadarma.ac.id/downloads/files/42382/Aturan+dan+Sistem+Game.pdf
duniadigit.blogspot,com/2013/tutorial-pencarian-rute-pathfiding.html
www.staffsite.gunadarma.ac.id
http://www.moddb.com/games/grand-theft-auto-san-andreas/images
http://cocindotrik.blogspot.co.id/2015/08/cara-jitu-supaya-gems-box-coc-cepet.html
http://sonigame.blogspot.com/2016/02/balap-sepeda-downhill-domination-iso.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar